top of page
Search
  • updateindo

Makanan Khas Papua Yang Terkenal



Sebelumnya updateindo sudah memberikan 8 makanan khas papua, namun disini kami akan jelaskan makanan khas papua yang terkenal dan gak kalah enak dari rekomendasi sebelumnya.


Ada beberapa yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya seperti papeda, aunu sanebre, sarang semut, sambal colo-colo, sagu lempeng, ikan bungkus, ikan bakar manokwari, dan kue lontar.


Berbicara tentang kuliner yang ada di bagian timur Indonsia memang sudah tidak ada habisnya, karena jarang sekali kalian yang menemukan makanan khas tersebut di daerah ibukota.


Sebagian besar makanan khas papua terbuat dari bahan dasar tepung sagu, mungkin bagi kamu yang belum mengetahuinya, bahwa sagu merupakan makanan pokok masyarakat papua.

Berikut ini kami akan berikan daftar makanan khas papua yang terkenal dan sangat enak diantaranya ada :



1. Udang Selingkuh


Jangan heran dengan namanya yah guys, karena sebutan tersebut merupakan untuk air tawar dari sungai. Mengapa disebut selingkuh??

Karena tubuh dari udang tersebut memiliki capitan yang besar dan sangat kuat, layaknya kepiting. Udang tersebut merupakan hasil persilangan antara udang dengan kepiting atau lebih tepatnya lobster air tawar.

Jika kamu ingin mengetahui sajian dari makanan khas ini sama seperti udang pada umumnya, namun yang membedakan dari udang selingkuh memiliki tekstur yang lembut dan memiliki rasa manis sedikit.

Kisaran harga udang selingkuh mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 250.000. memang terbilang mahal, karena ukurannya cukup terbilang besar.


2. Sate ulat sagu


Bagi sebagian orang, ulat sagu pastinya terbilang merinding. Namun di daerah timur Indonesa, hewan ini sudah biasa dikonsumsi sebagai pemberi energi dan dipercaya bahwa kadar kolesterolnya sangat rendah.

Asal ulat sagu ini bisa kamu temukan di batang pohon satu yang dipotong dan dibiarkan membusuk. Batang yang membusuk ini bisa mengakibatkan ulat tersebut bermunculan.

Pada mulanya ulat sagu ini biasa dimakan langsung atau hidup-hidup. Namun ada juga sebagian orang yang ingin dimasak terlebih dahulu seperti dibuat tumis, disayur, digoreng, atau disajikan seperti sate. Hingga berkembangnya jaman, masyarakat papua sudah terbiasa mengolah ulat sagu menjadi sate ulat sagu.

Jika kamu penasaran dengan makanan khas ini, kamu bisa mengeluarkan kocek seharga mulai dari Rp 25.000/porsi.


3. Kue Bagea


Jika kamu ingin menjelajah kebagian timur Indonesia jangan sampai lupa untuk membawa oleh-oleh yang satu ini. Karena sudah dipastikan kamu tidak bisa menemukannya di ibukota.

Untuk cita rasa dari kue bagea sudah tidak diragukan lagi deh guys. Masih sama seperti bahan dasar pada umumnya di papua yaitu menggunakan sagu.

Selain sagu, cara membuatnya juga menggunakan gula, biji kenari, terigu, cengkih, kayu manis, dan kacang tanah. Yang membuat makanan ini menjadi ciri khas adalah ada kandungan rempah pada bagea.

Jika kamu penasaran sama makanan ini, kamu bisa membawakan juga ke keluarga mu yang ada di ibukota. Harganya sangat recommended lho mulai dari Rp 20.000 kamu sudah bisa memborong kue bagea yang memiliki rasa sangat lezat.


4. Es Buah Matoa


Minuman yang satu ini merupakan salah satu minuman khas papua yang sangat enak dan menyegarkan. Kamu cukup mengeluarkan mulai dari Rp 10.000 sudah bisa mencicipi es buah matoa ini.

Es buah yang satu ini memiliki kombinasi dari buah matoa, cincau, agar-agar, kolang-kaling, biji selasi dan biji pala. Tak hanya itu saja lho, ada juga kombonasi sebagai pelengkap yaitu jeruk limau dan daun pandan.

Buah matoa ini memiliki vitamin C dan E lho guys. Sehingga bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Itulah makanan dan minuman diatas yang terkenal dan sangat enak di santap saat liburan ke bagian timur Indonesia. Dan jangan lupa juga bawa oleh-oleh yang terbuat dari bahan dasar sagu yah guys.
5 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page