top of page
Search
  • updateindo

8 Makanan Khas Papua


Papua yakni tempat yang memiliki kekayaan alam berlimpah. Kehidupan di Papua juga benar-benar bertumpu dengan alam. Sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan hasil bumi untuk diciptakan sebagai olahan makanan.


Membicarakan mengenai makanan. Kuliner yang dimiliki Papua ini terbilang cukup unik malah esktrem. Tentunya bikin kamu penasaran atau geli bagi yang baru mengetahuinya dan belum sama sekali mencobanya.


Namun, saat kamu berkunjung ke Papua tidak ada salahnya mencoba makanan khas daerah setempat. Karena makanan khas Papua jarang sekali ditemukan di kota lain. Maka dari itu, makanan Papua menjadi masakan yang memiliki cita rasa yang tinggi dan berbeda dari yang lain.

Yuk simak selengkapnya dibawah ini :

1. Kue Lontar

Makanan khas Papua kali ini terbilang cukup ringan dan bisa dijadikan makanan ringan oleh orang papua. Teksturnya seperti kue pie susu, rasanya juga nikmat dan manis. Biasanya kue lontar ini di buat saat ada acara besar, seperti Lebaran, hari Natal, dll. Tapi jangan khawatir guys!! Karena kamu bisa membawa makanan khas ringan ini sebagai oleh-oleh.


2. Papeda

Yang menjadi makanan pokok daerah setempat, dengan bahan utama yakni sagu. Bagi warga asli indonesia, tentunya sudah mengenal makanan khas ini, karena banyak dari berbagai daerah lainnya yang memperkenalkan makanan khas ini. Teksturnya menyerupai bubur yang dimasak dengan bumbu berkuah kuning. Sesekali papeda sering di sajikan menarik, agar tetap menjadi incaran warga .

Papeda biasa dihidangkan bersama kuah bening dan ikan kembung atau peda bakar. Sebagai alternatif nya, bisa digantikan dengan kelapa tua mentah atau ikan kuah kuning.


3. Ikan Bakar Manokwari

Sudah banyak yang mengetahui Papua dekat dengan pesisir pantai, sehingga masyarakat Papua kerap mengonsumsi hasil tangkapan lautnya. Seperti ikan bakar Manokwari ini, ikan yang menjadi bahan utama adalah ikan tongkol yang dibakar dan di beri bumbu untuk menambah selera dari makanan khas ini. Makanan khas ini sudah dikenal dengan cita rasa yang pedas dan gurih. Ini sangat cocok banget buat kamu yang menyukai makanan pedas.


4. Ikan Bungkus

Sama seperti namanya, makanan ini berupa ikan berbumbu yang dimasukkan ke dalam bungkusan. Berbeda dengan pepes yang sudah terkenal dimana-mana, sajian dari khas papua ini dikemas menggunakan daun talas. Ikan yang dipilih malah menyesuaikan selera pembuat. Umumnya memasaknya cukup gampang, sesudah dibersihkan, bahan utama diberi bumbu rempah dan garam.


5. Sagu Lempeng

Sagu lempeng ini yakni makanan khas Papua yang dapat kamu cobain. Mayoritas sagu lempeng dikonsumsi sebagai makanan ringan . dengan bentuk yang sedikit keras saat digigit. Hal itulah yang menjadi ciri khas dari makanan ini.


6. Sambal Colo-colo

Sambal Colo-colo ini dapat kamu jadikan sahabat makanmu, Pedas khas papua yang memiliki rasa asam dan sambal ini cocok kamu sajikan dengan ikan bakar. Rasa pedasnya khas dan sedikit asam karena tambahan jeruk nipis. Hal ini akan membuat kamu bertambah nafsu makannya lho!


7. Sarang Semut

Sarang semut yang biasa ditemukan di sela-sela batu-batuan. Yakni sebuah tanaman yang banyak diburu oleh pendatang karena kandungannya yang benar-benar menyehatkan. Sudah banyak dipercaya oleh masyarakat setempat, bahwa makanan ini bisa dijadikan obat dari berbagai penyakit.


8. Aunu Sanebre

Aunu senebre yakni makanan khas Papua yang unik dan simpel. Dengan bahan utama makan ini dari nasi dan ikan teri yang digoreng. Selanjutnya, ikan teri dan nasi dicampurkan dengan irisan daun talas dan parutan kelapa. Campuran bahan-bahan pembuat aunu senebre yang sudah menyatu tadi diolah lebih lanjut dengan cara dikukus. Rasanya juga nikmat dan dapat dinikmati secara bersamaan.

5 views0 comments

Recent Posts

See All
Post: Blog2_Post
bottom of page